Thursday, May 28, 2015

Website di Hack, Baca Tips ini

Hallo, beberapa waktu ini banyak sekali kasus akun yang terkena hack. Jika akun anda pernah di hack ada baiknya baca Delapan tips berikut.
  1. Ganti password cPanel anda secara berkala. Gunakan password yang sulit ditebak. Anda bisa mengkombinasikan huruf, angka dan karakter khusus (misal: *#$%^@)  agar password yabg anda buat sulit ditebak.
  2. Segera ubah password user/adminsitrator website anda.
  3. Segera ubah username, nama database dan password database yang anda gunakan.
  4. Periksa database website anda. Lihat tabel yang berisi user dan pastikan semua user tersebut beserta emailnya anda kenal. Jika tidak segera hapus. Jika menggunkan wordpress list user bisa dilihat pada tabel wp_user.
  5. Jika website anda menggunakan CMS seperti wordpress, Joomla, Drupal, dan CMS lainnya segera Update ke versi terbaru engine platform CMS yang anda gunakan. Selain core basic, update juga theme dan plugin/modul.
  6. Backup manual secara berkala ke PC Lokal anda. Hal ini berguna, jika si cracker menghapus data website anda, anda masih memiliki backup file cpanel yang terlah tersimpan di komputer anda
  7. Selain backup file secara keseluruhan, jangan lupa backup juga database. Beberapa CMS seperti wordpress dan Joomla, anda bisa install plugin/modul auto backup database.
  8. Hal lain yang harus anda pastikan adalah, pastikan bahwa di komputer anda tidak terdapat keylogger, trojan atau malware. Jika komputer anda terinfeksi, maka ketika anda update content website maka website anda akan terinjeksi virus yang berasal dari komputer anda. Anda bisa menggunakan software Advance System Care atau Avast Antivirus untuk menjaga agar komputer anda tidak terinfeksi virus, trojan atau malware.
Semoga Delapan tips di atas bisa membantu jika website anda pernah terkena hack.
http://tutorial.thehostingmurah.com/2013/tips-n-trik/website-di-hack-baca-tips-ini.aspx#more-294