Thursday, January 19, 2017

Dianjurkan Membaca Surat Al Kahfi Mulai Malam Jum’at atau Hari Jum’at?

• Pertanyaan:

Apakah orang yang membaca surat Al Kahfi di malam Jum’at juga mendapatkan keutamaannya?

• Syaikh Dr. Husain Walid, ulama ahlussunnah di Palestina, menjawab:

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على رسولنا الأمين وعلى آله وأصحابه الطاهرين وبعد

Orang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at atau di malam Jum’at akan mendapatkan keutamaan. Dan orang yang membacanya di hari Jum’at atau di malam Jum’at akan mendapatkan keutamaan yang lebih besar (daripada di hari lain).

Imam Asy Syafi’i dalam kitab Al Umm (1/208) mengatakan:

بلَغَنَا أَنَّ من قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةُ الدَّجَّالِ، وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ على النبي (صلى اللَّهُ عليه وسلم) في كل حَالٍ وأنا في يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا، وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جاء فيها

“telah sampai dalil kepadaku bahwa orang yang membaca surat Al Kahfi akan terjaga dari fitnah Dajjal. Dan aku menyukai seseorang itu memperbanyak shalawat kepada Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam di setiap waktu dan di hari Jum’at serta malam Jum’at lebih ditekankan lagi anjurannya. Dan aku juga menyukai seseorang itu membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at dan pada hari Jum’at karena terdapat dalil mengenai hal ini”.

Dan malam Jum’at itu dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis dan hari Jum’at berakhir pada waktu matahari terbenam di hari itu.

Dan terdapat beberapa hadits shahih dari Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam mengenai keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at maupun di malam Jum’at, di antaranya:

عن أبي سعيد الخدري قال:”من قرأ سورة الكهف ليلة الجمعة أضاء له من النور فيما بينه وبين البيت العتيق”.{رواه الدارمي صححه الشيخ الألباني في “صحيح الجامع”}

Dari Abu Sa’id Al Khudri ia berkata: “barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, ia akan diterangi dengan sinar di antara ia dengan Ka’bah” (HR. Ad Darimi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami‘).

من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بين الجمعتين”.{رواه الحاكم والبيهقي. قال ابن حجر في ” تخريج الأذكار ” :حديث حسن، وقال : وهو أقوى ما ورد في قراءة سورة الكهف”} .

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at, ia akan diterangi dengan sinar di antara dua Jum’at” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi, Ibnu Hajar dalam Takhrijul Adzkar mengatakan: “hadits hasan”. Ibnu Hajar juga mengatakan: “ini adalah hadits paling bagus kualitasnya dalam bahasan keutamaan membaca surat Al Kahfi”).

وعن ابن عمر (رضي الله عنهما) قال : قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم):”من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة سطع له نور من تحت قدمه إلى عنان السماء يضيء له يوم القيامة، وغفر له ما بين الجمعتين”.{قال المنذري: رواه أبو بكر بن مردويه في تفسيره بإسناد لا بأس به . ” الترغيب والترهيب “}

Dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma ia berkata, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at ia akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pada hari Kiamat, dan diampuni dosanya di antara dua Jum’at” (Al Mundziri berkata: “hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakr bin Marduwaih dalam Tafsirnya dengan sanad yang laa ba’sa bihi” [At Targhib wat Tarhib]).

***

Sumber: http://www.fatawah.net/Questions/13997.aspx

[Sumber: https://kangaswad.wordpress.com/2016/01/22/dianjurkan-membaca-surat-al-kahfi-mulai-malam-jumat-atau-hari-jumat/ ]