Saturday, June 20, 2015

Pengalaman pertama menggunakan VPS: RAM sekak dan koneksi database

Hal yang membuat saya malas adalah ketika pindah server, kenapa? Karena terkadang harus setting ulang lagi website dari awal. Padahal file website masih tetap sama dan tidak diubah sama sekali. Namun terkadang walaupun file website tidak disentuh sekalipun, tetap saja masih suka error. Terus kenapa pindah server? Banyak alasannya sih, salah satunya adalah faktor harga dan juga komunitasnya.
Saya beralih dari layanan hosting lokal CloudKilat dan memilih tinggal di rumah baru, yaitu di DigitalOcean. Sering dengar juga dari teman-teman yang sudah mencoba layanan VPS tersebut, katanya sih bagus.. katanya loh. Dengan ciri khas lima dollar-nya yang sudah mendapatkan spesifikasi server yang cukup untuk menjalankan beberapa WordPress, saya kira itu worth it untuk dicoba.
Ini memang niat banget curhat sih. Oke, sebetulnya ini masih berhubungan. Jadi ketika beberapa waktu lalu mencoba layanan VPS DigitalOcean, sempat mengalami error yang entah apa penyebabnya. Salah satunya adalah error thumbnail gambar pada gallery/post yang tidak rapi. Penyebabnya ternyata ada module yang diperlukan WordPress yang belum terinstall.
Saya menggunakan distro Ubuntu untuk backbone VPS. Kenapa harus Ubuntu sih? Alasannya karena saya lebih familiar dengan distro tersebut. Karena saya ambil paket yang paling murah, $5 dengan RAM 512MB dan 20 GB storage, yah lumayan lah. Pertama kali bikin Droplet langsung install Zpanel CP, dan alhasil selalu bermasalah dengan koneksi database.
Nah, masalah koneksi database tersebut sering terjadi karena RAM yang sekak, artinya RAM tidak kuat lagi meng-handle task. Terus setelah itu saya dapet wejangan dari beberapa teman bahwa kalo masih pake VPS yang RAM-nya kecil, jangan pake control panel dulu. Saya berpikir: Hmmm, iya juga ya.
Oke, fix! Berarti masalahnya adalah RAM gak kuat. Karena hal ini krusial, saya bergegas backup semua file website saya dan membuat Droplet baru (tanpa control panel), berharap dapat banyak menghemat penggunaan RAM. Dan ternyata benar saja, ketika Droplet tanpa di install control panel, tidak pernah ada tuh masalah koneksi database lagi. Well done.
Happy coding! 😀
http://iyanriana.com/curhat/pengalaman-pertama-menggunakan-vps-ram-sekak-dan-koneksi-database/