Saturday, June 20, 2015

Cara Mengatasi DigitalOcean Account Locked

Digital Ocean salah satu penyedia VPS murah menjadi primadona bagi yang ingin belajar VPS Linux dan juga para blogger yang sudah bosan dengan shared hosting. Daftar atau membuat akun Digital Ocean atau sering disebut DO sebetulnya sangat mudah tetapi sepertinya mereka sudah merubah kebijakan pendaftaran.
Beberapa hari lalu salah seorang teman mencoba daftar VPS digital ocean, namun setelah melakukan pembayaran ternyata tidak bisa langsung membuat droplet karena akun beliau diLocked otomatis, selain itu ternyata sekarang selain harus verifikasi email saat registrasi kita diwajibkan untuk verifikasi alamat/address, menghubungkan akun DO ke Github dan Twitter.
Inilah Cara Mengatasi Digital Ocean Account Locked

Inilah Cara Mengatasi DigitalOcean Account Locked

Setelah daftar, membayar dan menghubungkan akun GitHub dan Twitter ternyata status account locked tidak akan otomatis berubah, dan setelah tes menggunakan dua buah akun yang berbeda kami simpulkan cara tercepat membuka account locked DigitalOcean adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan anda sudah verifikasi email, alamat, menghubungkan akun ke Github dan Twitter. Khusus untuk alamat cukup dengan cara menuliskan nama kota karena nanti akan muncul kota-kota yang tersedia, jadi bukan alamat lengkap.
  2. Isi verification form lengkapi Nama Lengkap, Alamat (Kota, misal Jakarta, Indonesia), No Telp, Tujuan menggunakan VPS mereka, link ke salah satu akun Twitter, Github atau Linkedin dalam 2 kali percobaan kami menggunakan Twitter.
  3. Terkhir klik Send dan tunggu perubahan status anda melalui email.
Jika akun anda sudah tidak locked maka akan mendapatkan email yang isinya kira-kira seperti berikut :
Hi there,
Thanks so much for providing us with this information. We have reviewed the information and removed the hold from your account.
If you have any questions in the future please let us know!
Setelah melakukan pembayaran, segera lengkapi identitas anda dengan melakukan verifikasi alamat, hubungkan akun ke Github dan Twitter lalu isi verification form agar status account locked segera dicabut
Entahlah apakah memang pihak DigitalOcean sudah merubah kebijakan mereka karena dulu waktu saya mendaftar disana tidak perlu verifikasi semacam ini dan akun langsung dapat digunakan untuk membuat droplet tetapi kemarin dua orang teman yang mencoba daftar dan memperpanjang VPS DO sama-sama terkena account locked dan cara yang tercepat adalah dengan melengkapi verification form.
Kesimpulan : tanpa mengisi verification form status account locked lebih lama berubah bahkan sampai 2 hari akun tidak ada perubahan, dan setelah mengisi form tersebut anda bisa pilih diamkan sampai staf DO periksa data-data anda atau kirim pertanyaan ke support mereka agar cepat direspon dan biasanya mereka akan meminta mengirimkan kartu identitas seperti KTP.
Jadi bagi yang daftar VPS Linux DigitalOcena dan bingung account locked sebaiknya lengkapi data anda dan segera isi verification form atau kontak CS mereka dan lakukan apa yang mereka minta, seperti saya jelaskan diatas biasanya mereka akan meminta bukti identitas diri seperti KTP.