Saturday, June 20, 2015

Alasan Saya Menggunakan VPS Digital Ocean

Sekarang ini pilihan VPS hosting sangat beragam, banyak fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh penyedia layanan hosting namun berikut ini ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari hosting Digital Ocean seperti :
1. SSD, Mungkin sebagian telah mengetahui apa itu SSD namun tidak ada salahnya saya memberi sedikit penjelasan secara garis besar saja tentang SSD bagi yang masih awam, SSD adalah media penyimpanan data layaknya hardisk atau memori card, namum memiliki kecepatan dan kualitas yang lebih baik jika dibanding dengan hardisk konvensional yang masih menggunakan silider dan head untuk menyimpan atau membaca data, dan ukuranya pun hanya 1/4 dari ukuran hardisk biasa.
2. Cloud, salah satu fitur yang mulai populer di dunia perhostingan adalah cloud, cloud adalah sistem mirorring data kebeberapa datacenter yang ada di beberapa benua sehingga ketika visitor membuka web anda maka secara otomatis akan diambilkan data yang terdekat dari lokasi visitor tersebut tujuanya agar load data lebih cepat, dan kinerja server utama tidak terlalu keras.
3. Droplet, jika anda belum pernah menggunakan hosting digital ocean maka istilah ini agak sedikit aneh ya, droplet adalah sebutan untuk sebuah VPS yang telah disetup / di install dengan OS dan software pendukung. Keuntungan jika menggunakan Digital Ocean adalah kita dapat melakukan kloning ( seperti norton ghost ) terhadap vps kita kapanpun kita mau dan menyimpanya seperti screenshot di akun kita ( bukan di server VPS). Ini memudahkan jika sewaktu sistem crash dan data hangus kita tidak perlu setup dari awal.
4. Credits, sistem pembayaran di Digital Ocean mengunakan sistem deposit sehingga ketika droplet kita hapus / remove maka tidak ada biaya yang akan di debit dari credit yang telah kita deposit, ini menguntungkan karena biaya hanya dihitung berdasarkan pemakaian saja dan berdasar pengalaman, saya pernah telat melakukan deposit 3 hari akan tetapi server tetap berjalan normal walaupun credits sudah minus.
Sebelum menggunakan jasa DO sebelumnya saya sudah lebih dari 10 kali berpindah hosting, mulai dari shared hosting HG, HH, FH, GDD, Virpus, Solarvps, Chicagovps, Vpsdime, Frantech dan beberapa vps abal-abal yang saya dapat dari lowendbox. Walaupun tidak semuanya jelek tapi fitur yang ditawakan masih lebih baik DO, apalagi jika anda masih belum berpengalaman untuk handle VPS unmanaged, sehingga sering salah setup dan harus request ticket untuk reinstall, padahal jika menggunakan DO anda cukup membuat droplet baru yang hanya memakan waktu 10-20 detik saja. Nah bagi yang berminat untuk mencoba hosting Digital Ocean saya memiliki kupon $10 yang bisa digunakan untuk mencoba VPS selama satu bulan, silahkan daftar melalui link ini Kupon DO $10 tapi saya tidak tahu sampai kapan masa berlakunya kupon ini DODEPLOY & 10TOSHIP.
http://hpandroid.net/alasan-saya-menggunakan-vps-digital-ocean.html