Saturday, June 20, 2015

Bagaimana Cara Supaya Website Terindex Google dengan Cepat?

Bagaimana Cara Supaya Website Terindex Google dengan Cepat?
Kamis, 19 Februari 2015 (11:53) - Search Engine Optimization
Untuk membuat website ter-index Google secara cepat, maka Anda harus membuat website yang Anda kelola disukai oleh Google. Di sini akan saya jelaskan faktor-faktor apa saja yang membuat Google jatuh hati pada website Anda.

Server Dalam Kondisi Baik

Sebelum membaca poin-poin lainnya, Anda harus pastikan bahwa website Anda berada pada server yang bagus. Jangan asal pilih server atau hosting. Saya punya beberapa pengalaman buruk saat awal-awal belajar website. Website saya selama berbulan-bulan tidak terindex sama sekali oleh Google, bahkan tidak bisa digenerate/fetch ke Facebook (biasanya saat URL dimasukkan ke Facebook langsung muncul gambar, deskripsi, judul).
Saya tidak punya afiliasi ke mereka, tapi jika Anda minta rekomendasi, saya akan berikan beberapa nama ini (saya tidak pernah punya pengalaman buruk bersama mereka):
  1. Qwords (shared hosting), pakai rupiah. Web teman-teman saya banyak di sini.
  2. Hostgator (shared hosting), pakai dolar. Revorma ada di sini.
  3. Digital Ocean (VPS), pakai dolar. Beberapa website saya ada di sini.
Cara mengecek apakah website Anda berada pada server yang bermasalah serta solusinya bisa baca Solusi Untuk Website yang Bermasalah pada Server.

Terhubung ke Google

Website Anda harus terhubung ke Google Webmasters. Google Webmasters adalah salah satu produk Google yang tugasnya melakukan scanning website yang terdaftar secara khusus di dalam database-nya. Anda akan mendapatkan banyak suggest terkait kondisi website Anda saat ini. Misal dari sisi kesehatan, kecepatan, dan kemudahan navigasi, Anda akan mendapat banyak informasi apa saja yang harus Anda lakukan supaya website Anda dicintai oleh Google.

Punya Banyak Backlink

Tentunya backlink-backlink positif. Semakin banyak backlink yang Anda bangun, proses indexing ke Google bisa semakin cepat, apalagi sudah terhubung ke Google Webmasters.
Ini beberapa tulisan saya yang wajib Anda baca mengenai backlink:
  1. Apa Itu Backlink Berkualitas?
  2. Jangan Anggap Remeh Backlink Untuk Homepage
  3. 5 Cara Praktis Membangun Backlink di Kolom Komentar

Cepat Saat Diakses

Google juga punya produk bernama PageSpeed Insights. Di sini Anda bisa mengetahui seberapa cepat situs Anda saat diakses. Setidaknya Anda harus mempunyai nilai 70 dari 100.

Mempunyai Sitemap

Sudah umum bahwa setiap situs yang ingin ter-index dengan cepat harus mempunyai sitemap atau peta situs. Sitemap yang disepakati secara global oleh semua mesin pencari (termasuk Google) adalah sitemap yang memiliki format XML.
Jika Anda mengerti bahasa pemrograman, Anda bisa membuat sitemapdengan mudah, tapi jika tidak, Anda bisa memanfaatkan plugin WordPress bernama Google XML Sitemaps buatan Arne Brachhold.
Setelah install plugin tersebut, website Anda akan memiliki sitemap dengan alamat seperti ini; domain.com/sitemap.xml.
Alamat sitemap itu juga wajib Anda submit ke Google Webmaster (tidak hanyasubmit alamat website). Terkait cara submit sitemap bisa Anda baca di halaman yang sama tentang submit website ke Google Webmaster.

Kesimpulan

Ya, butuh proses, tidak bisa instan. Anda harus menyiapkan itu satu per satu. Saat semua itu sudah Anda lakukan dan Anda pastikan tidak ada masalah, maka proses indexing bisa terjadi hanya dalam hitungan jam bahkan menit.
Tapi, ter-index bukan berarti masuk ke halaman satu. Masih ada langkah yang harus Anda lakukan supaya konten Anda masuk ke halaman satu, salah satunya adalah membangun backlink.
Demikian :)
http://www.revorma.com/bagaimana-cara-supaya-website-terindex-google-dengan-cepat/