Monday, October 12, 2015

Cara Membuat Siaran Langsung di Youtube

http://darmawan.my.id/2014/05/07/cara-membuat-siaran-langsung-di-youtube/

Salah satu fitur Youtube adalah membuat siaran langsung. Beragam acara bisa distreamingkan lewat Youtube dengan cara yang tidak begitu susah. Ada dua buah pilihan siaran langsung, yaitu cara cepat dengan mempergunakan Google Hangout atau menggunakan software khusus.
youtubelive

Cara Cepat dengan Google Hangout On Air

Cara ini hanya membutuhkan Laptop/Pc yang mempunyai webcam dan mic. (Klik untuk memperbesar gambar).
  • Silakan login ke Youtube.com dengan akun Google Anda.
  • Kemudian klik icon gerigi di kanan atas, pilih “Pengelola Video”.
live 0
  • Jika belum pernah mempunyai channel maka akan ada pilihan membuat channel.
  • Klik menu “Siaran Langsung/Live Event” di bagian kiri. Saat pertama akan ada verifikasi akun dengan menggunakan sms/call. Silakan ikuti saja tahapnya. Setelah selesai klik tombol “Buat Siaran Langsung”.
live 1
  • Silakan isi Judul, Deskripsi dan sebagainya. Siaran bisa diset Publik, Privat ataupun Tidak Terdaftar. Tidak Terdaftar artinya hanya orang dengan link yang bisa menonton dan siaran tidak ada di channel Anda. Bagian “Jenis/Type” pilih “Cepat”.
live 3
  • Setelah itu Anda akan dibawa masuk ke halaman siaran langsung Google Hangout. Siaran langsung akan mempergunakan webcam di Laptop atau PC Anda. Jika belum pernah menggunakan Hangout maka akan keluar notifikasi untuk menginstall pluginnya. Silakan diikuti langkah-langkahnya. Kalau gagal menggunakan Firefox bisa mempergunakan Chrome.
  • Jika sudah siap silakan klik “Start Broadcast”. Alamat Youtube bisa dilihat melalui tombol “Link” di kanan bawah. Atau jika diset publik maka akan tampil di halaman channel Anda.
live 4

Menggunakan Software Khusus

Cara ini mempergunakan software tambahan yaitu Wirecast. Bisa juga mempergunakan Adobe Flash Media, namun lebih lengkap fitur di Wirecast. Dengan software ini Anda bisa berganti antara kamera dengan file video, memberi subtitle dsb. Hampir mirip virtual video mixer. Namun sayangnya versi gratis hanya bisa 1 sumber kamera saja.
Alat yang dibutuhkan yaitu laptop atau pc. Bisa mempergunakan webcam ataupun kamera video/handycam. Agar gambar kamera video bisa masuk ke pc dapat mempergunakan usb dvr seperti easycap, usb tv tunner dsb. Bisa juga sumber gambar dari mixer video.
  • Caranya hampir sama seperti sebelumnya namun di pilihan Jenis/Type pilih “Khusus”.
live 5
  • Langkah selanjutnya adalah memilih bitrate dan software yang dipergunakan. Bitrate bisa memilih 400kbps. Untuk enkode data pilih Wirecast dan akan ada link untuk download software tersebut.
live 6
  • Tinggalkan halaman Youtube tadi namun jangan ditutup. Install Wirecast kemudian jalankan. Anda bisa menambahkan kamera video, file video/audio atau desktop presenter. Kemudian silakan klik tombol Stream di bagian atas.
live 7
  • Akan ada menu untuk menghubungkan akun Youtube Anda. Klik bagianAuthenticate. Akan terbuka browser untuk meminta ijin Wirecast menggunakan akun Youtube Anda. Silakan disetujui.
live 8
  • Setelah terhubung silakan buka kembali halaman Youtube. Klik bagian “Ruang Kontrol Langsung”. Kemudian klik tombol “Pratinjau”. Anda bisa mengecek tampilan siaran langsung di halaman tersebut. Pastikan bagian status streaming: BAIK. Kalau koneksi terputus akan ada peringatan di bagian tersebut.
live 9
  • Setelah pratinjau siap maka tombol akan berubah menjadi “Mulai Streaming”. Silakan klik untuk memulai siaran langsung.
live 10
  • Kualitas siaran bisa dipantau di halaman tersebut atau bisa juga melihat halaman siaran langsung melalui link “Lihat di Laman Tontonan” di bagian kanan atas.
live 11
  • List siaran langsung yang sudah selesai ada di menu Siaran Langsung – Penayangan – Selesai.
live 12
Karena caranya mudah maka beragam acara bisa disiarkan secara langsung, semisal acara wisuda, pentas sekolah, musik, seminar atau sekedar narsis di depan webcam :D. Saat saya coba menggunakan modem gsm/cdma siaran bisa berjalan lancar, cuma masalahnya kadang koneksi internet operator suka naik turun tidak stabil.  Itulah yang sebenarnya jadi masalah, internet yang stabil ðŸ˜€
Semoga Bermanfaat

http://darmawan.my.id/2014/05/07/cara-membuat-siaran-langsung-di-youtube/