Thursday, July 21, 2016

Karena kita akan ke Madinah dulu, ada tips2 dari yang tinggal/pernah kesana:🕌

👉 1. Dimasjid Nabawi ada banyak pintu gerbang, lihat hapalkan/catat nomor pintu gerbang. Jika bingung nanti keluarnya bisa ke pintu tadi.

👉 2. Selalu bawa nama hotel tempat kita. Sehingga jika bingung bisa menunjukkan ke askar yang untuk minta ditunjukkan.

👉 3. Di masjid Nabawi bisa minum air ZamZam, lokasinya didalam masjid berada di galon/seperti termos warna coklat muda. Sudah ada gelas plastik sekali pakai didekat galon tersebut. Jika akan membawa ke hotel boleh dengan mengisikan ke botol seukuran aqua sedang(Kalau botol aqua besar entah boleh entah tidak tapi kemungkinan tidak boleh, solusinya bisa dibawa dg plastik kiloan).

Air diluar masjid yang berada dikotakan besar bukan air ZamZam, tetapi air minum biasa.(Banyak jamaah yang mengira ini air ZamZam).

👉 4. Amalan dengan pahala besar dan ada dalil yang shahih tetapi banyak yang tidak bersungguh2 melakukannya. Jika ingin memperoleh pahala Umrah ketika diMadinah bisa melakukan dengan bersuci di hotel kemudian pergi ke masjid Quba dan sholat 2 rakaat disana. Jarak Masjid Nabawi ke Quba sekitar 3 km. Kalau naik taksi, pertaksi sekitar 30 riyal(bisa diisi 4-5 orang pertaksi). Berikut ini dalil dari As Sunnah/hadist :


👉 5. Letak kota Madinah sebelah utara Mekah. Sehingga arah kiblat sholat ke arah selatan.

👉 6. Dimasjid nabawi Laki-laki dan Wanita tempat sholat berbeda/terpisah jauh. Kalau di Mekah kadang terpisah tetapi dekat saja.

👉 7. Toilet banyak, insyaAllah tidak antri. Ketika keluar ke serambi masjid, Kelihatannya cuma beberapa saja bangunan toilet. Tetapi ketika sudah masuk bagunan itu kita bisa turun dengan tangga berjalan, sangat banyak kamar2 toilet. 

Untuk wanita sebaiknya bersama teman, karena disamping toilet itu adalah tempat parkir.

👉 8. Untuk koneksi internet Saudi sudah sangat cepat, sudah 4G. Ada operator Zein, Mobily, STC. Sehingga WA, BBM atau Line kita bisa tetap aktif.

Berikut Paket Data Internet(Mungkin sudah berubah lebih murah sekarang)

STC, Paket STC  Quicknet, paket data gratis 400 MB harga 25 SR

Mobily, paket Connect 500, paket data gratis 500 MB harga 30 SR

Zain, paket data gratis  300 MB harga 20 SR

Disaudi pulsanya adanya gesek semua, tidak ada pulsa elektrik.

di embarkasi yang wajarnya ditawarkan dengan harga Rp 100.000 untuk kartu berisi 30 riyal. Namun jangan aneh ketika musim haji semakin dekat, para pedagang akan menjual kartu sampai dengan harga 50% lebih mahal.


Disaat telah mendapatkan simcard saudi, tidak perlu bingung untuk mencari konter yang menjual pulsa, karena setiap warung yang ada di pinggir jalan pasti menjual pulsa seluler. Yang perlu dilakukan hanya mengatakan “Roshid”, dengan seperti itu pemilik warung akan melayani anda dengan baik, jangan lupa untuk menyebutkan operator seluler yang anda pakai. Cara pengisian pun berbeda dengan di Indonesia, di Arab Saudi sudah tidak lagi menggunakan elektrik tapi menggunakan kartu gesek.

Sebagai pengetahuan saja, sebelum melaksanakan ibadah haji atau umroh di tanah suci, peraturan penggunaan operator seluler telah berubah sejak tahun 2012. Peraturan tersebut adalah untuk penggunaan simcard yang hanya bisa diaktifkan dengan memasukkan nomor identitas, baik menggunakan paspor atau KTP Saudi yang berlaku. Disaat jamaah membeli kartu dalam kondisi sudah di aktivasi, sebaiknya ditanyakan kepada penjual nomor iqomah atau identitas yang telah digunakan . Sama halnya dengan nomor telepon seluler biasanya yang membutuhkan nomor pada saat isi ulang pulsa, nomor identitas tersebut juga digunakan untuk isi ulang pulsa jadi jangan langsung dibuang kartu perdananya.

Untuk melakukan panggilan dari arab saudi ke tanah air pastikan anda telah menambahkan kode negara, misal kode untuk Indonesia adalah +62 dan diikuti nomor keluarga atau kerabat yang dituju. Sedangkan jika yang akan melakukan panggilan berasal dari tanah air, bisa menambahkan +966 pada awalnya. Untuk lebih murah dalam melakukan panggilan dari tanah air ke tanah suci, sebaiknya gunakan kode VoIP sesuai operator seluler yang dipakai. Misal untuk Telkomsel kodenya adalah 01017, Indosat 01016, XL Axiata 01000 dan lainnya. Namun untuk lengkapnya bisa ditanyakan kepada customer service operator seluler yang anda gunakan.(KM)