Friday, March 24, 2017

Contoh Membuat Neraca yang Paling Sederhana (Bagian 1)

http://mastoroblogs.blogspot.co.id/2015/04/contoh-membuat-neraca-yang-paling.html


Neraca merupakan salah satu laporan keuangan yang harus ditampilkan pada akhir periode akuntansi. Untuk dapat memahaminya, akan ditampilkan contoh analisis transaksi sampai menjadi neraca yang paling sederhana.
Transaksi:
Pak Budi Harmanto Rahmanto mendirikan sebuah perusahaan persewaan mobil. Untuk mendirikan perusahaan ini, pak Budi Harmanto Rahmanto menanamkan uangnya dengan cara menyerahkan uang kas sebesar 500 juta ke perusahaan yang didirikan.
Analisis:
-          Uang yang di serahkan oleh pak Budi Harmanto Rahmanto adalah aktiva yang berujud kas. Oleh karena itu pada sisi neraca dituliskan pada aktiva sebagai kas sebesar 500 juta.
-          Uang kas tersebut berasal dari pak Budi Harmanto Rahmanto dan tetap menjadi hak pak Budi Harmanto Rahmanto sebagai pemilik modal (orang yang menyerahkan uang). Oleh karena itu asal uang ini dijelaskan pada sisi pasiva. Dijelaskan bahwa uang 500 juta berasal dari pak Budi Harmanto Rahmanto sebagai modal pemilik. Dalam Neraca Catatnnya akan menjadi sebagai berikut

Rental Mobil B. Harmanto R.
Neraca
Per ……
===================================================================
Aktiva                                                              Pasiva
===================================================================
Kas         500.000.000,-                                     Modal Budi Harmanto R      500.000.000,-
===================================================================

Kalau dibalik, dari neraca tersebut kita dapat membuat penjelasannya. Artinya dengan melihat neraca kita mengetahui bahwa ada uang kas di perusahaan sebesar 500 juta yang keseluruhan uang itu berasal dari modal yang dimasukkan oleh Budi Harmanto Rahmanto ke perusahaan rental tersebut.