Sunday, November 20, 2016

Awas, BAHAYA EFEK SAMPING OBAT PENYUBUR PROFERTIL

http://forum.liputan6.com/t/awas-bahaya-efek-samping-obat-penyubur-profertil/28094

Memiliki buah hati dalam kehidupan ber-rumah tangga memang merupakan impian setiap pasangan suami isteri, tak terkecuali mungkin Anda salah satunya. Berbagai cara mungkin sudah banyak dilakukan untuk segera mendapatkan momongan, seperti berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau dengan mengkonsumsi obat penyubur kandungan.
Namun tahukah Anda ? Bahwa terlalu sering mengkonsumsi obat penyubur kandungan berbahan kimia seperti profertil dapat menyebabkan efek samping dan pengaruh negatif terhadap kesehatan. Apalagi jika tidak disertai dengan rekomendasi dokter.
Apa itu obat penyubur profertil ?
Obat profertil ialah obat yang memiliki kandungan zat clomiphene citrate. Ini obat yang digunakan untuk mengobati infertilitas pada wanita. Zat clomiphene citrate bekerja dengan merangsang peningkatan jumlah hormon yang mendukung pertumbuhan dan pelepasan telur yang matang ( ovulasi ).
Zat clomiphene citrate pada profertil merupakan salah satu obat penyubur wanita yang memang banyak direkomendasikan oleh para dokter kandungan, hal ini karena obat ini dipercaya dapat menunda pematangan sel telur dan memperbaiki pematangan sel telur hingga 70 %, akan tetapi memiliki efek samping mengentalkan lendir di mulut rahim serta menipiskan dinding endometrium (dalam rahim) sehingga mengurangi peluang hamil.
Baca juga :
Cara AMPUH Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil19
Lalu, apa saja efek samping dan pengaruh BURUK jika mengkonsumsi obat kandungan profertil / klomifen sitrat ?
Berhenti mengambil clomiphene dan mencari perhatian medis darurat jika Anda mengalami reaksi alergi (kesulitan bernapas, penutupan tenggorokan Anda, pembengkakan bibir, lidah, atau wajah, atau gatal-gatal).
Efek Samping Obat Kimia Profertil / Klomifen SitratEfek samping lainpun dapat terjadi, termasuk :
  1. Penglihatan kabur
  2. Sensitivitas mata terhadap cahaya
  3. Sakit kepala
  4. Pembentukan kista ovarium
  5. Depresi mental
  6. Mual atau muntah
  7. Kegelisahan
  8. Kesulitan dalam tidur
  9. Perdarahan uterus abnormal
  10. Sindrom hiperstimulasi ovarium (OHSS)
  11. Ketidaknyamanan dan nyeri pada payudara
Catatan !
Efek samping selain yang tercantum di sini juga dapat terjadi. Bicarakan dengan dokter Anda tentang efek samping yang tampaknya tidak biasa atau yang sangat mengganggu. Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini tidak mungkin, tetapi segera mencari bantuan medis jika terjadi. Gejala reaksi alergi yang serius mungkin termasuk: ruam, gatal / bengkak (terutama wajah / lidah / tenggorokan), pusing berat, kesulitan bernapas.