Thursday, February 25, 2016

GRATIS BUAT EMAIL DENGAN NAMA DOMAIN SENDIRI

http://jeeroloo.com/post/44286834992/gratis-buat-email-dengan-nama-domain-sendiri

Jika Anda punya domain sendiri, misalnya namadomainku.com maka Anda bisa buat alamat email dengan menggunakan nama domain yang Anda miliki untuk menggantikan alamat email yang kini Anda gunakan. Syaratnya, Anda hanya cukup memiliki email di hotmail, live, atau outlook. Jadi jika alamat email Anda sebelumnya bangtoyib@hotmail.com kini bisa Anda ganti dengan bangtoyib@namadomainku.com. Hal ini tentunya akan membuat alamat email Anda lebih ekslusif dan tentu saja memberikan sedikit kebanggaan.
Sebenarnya ini bukan hal baru, karena Google pernah menawarkan email dengan nama domain sendiri untuk setiap pengguna Gmail yang juga memiliki akun Google Apps secara gratis. Sekarang pun Google masih menawarkan Google Apps hanya saja tidak gratis lagi, pengguna harus membayar ke Google. Tidak ada perbedaan di dalamnya antara Anda menggunakan email dengan tetap menggunakan domain Gmail atau Anda menggunakannya dengan nama domain sendiri. Keduanya benar-benar menggunakan teknologi Google yang sama. Namun dengan nama domain sendiri tentunya akan lebih eksklusif bukan?
Microsoft sebagai perusahaan dibalik hotmail/Live/Outlook yang merupakan rival dari Google kini menawarkan hal yang sama dengan Google Apps untuk alamat email menggunakan domain sendiri secara GRATIS. Ingat, kita hanya membuat nama email dengan domain milik kita dan tetap menggunakan layanan email dari mereka. Jadi ini cukup menarik bukan? segala data-data Anda tidak berpindah ke email hosting yang lain tetapi tetap berada di server milik hotmail/Live/Outlook. Mungkin sebelumnya untuk membuat alamat email dengan menggunakan domain sendiri, Anda harus membuatnya dengan menggunakan hosting dimana Anda berlangganan layanan hosting. Hal ini tampaknya tidak menjadi masalah bagi kebanyakan pengguna, tetapi bagi mereka yang memiliki standar privasi tinggi tentu bukan pilihan yang menarik, kecuali menggunakan email hosting dedicated atau server milik sendiri. Doh!
Nah mumpung ada yang gratis dengan teknologi yang lebih baik kenapa kita tidak memanfaatkannya? untuk sekolah ini juga bisa menjadi branding yang bagus secara tidak langsung. Karena, setiap komunikasi elektronik menggunakan email, domain kita akan ‘terpromosikan’ secara tidak langsung dan gratis. Bagaimana membuatnya? ikuti langkah-langkah berikut ini. Ingat, Anda sebelumnya harus memiliki email di hotmail atau outlook (Microsoft Account), jika belum punya silahkan daftarkan dulu email baru Anda di sini
image
Berikut Langkah-langkahnya:
image
  • sign in menggunakan akun yang sudah Anda (Microsoft Account)
setelah Anda masuk ke Windows Live Admin Center seperti tampak dalam gambar di bawah ini. Klik Add Domain.
image
  • masukkan nama domain Anda seperti yang disorot di bawah ini:
image
Di layar berikutnya Anda akan diberikan beberapa parameter DNS yang perlu Anda masukkan ke DNS manager milik Anda. Beberapa parameter yang perlu Anda perhatikan adalah seperti di bawah ini:
MX Record:
biasanya terbaca seperti abc.pamx1.hotmail.com.

SPF Record:
memiliki nilai fix:  v=spf1 include:hotmail.com ~all
  • Silahkan masukkan parameter dasar di atas ke DNS manager milik Anda, buat record baru dan masukkan nilainya. Tunggu antara 1 sampai 14 jam. Tetapi ini biasanya lebih cepat dari itu. Pengalaman kami kurang dari 5 menit sudah aktif. Kebetulan menggunakan DNS manager milik Godaddy. 
Cek apakah sudah aktif atau belum bisa gunakan perintah berikut di terminal komputer Anda. (klik start - run - dan ketik cmd)
C:>nslookup -type=mx namadomainku.com
C:>nslookup -type=txt namadomainku.com
Ganti namadomainku dengan nama domain Anda.
Langkah terakhir, silahkan pergi lagi ke http://live.com. Masukkan alamat email yang sudah Anda buat menggunakan domain milik Anda seperti tampak dalam gambar di bawah ini:
image
sekarang Anda sudah memiliki alamat email di outlook.com dengan menggunakan domain milik Anda sendiri. Jika dengan Google Apps terbatas untuk 10 account di sini Anda bisa membuat alamat hingga 500 account. Sampai tulisan ini dibuat belum ada keterangan eksplisit dari pihak Microsoft mengenai kapasitas mailbox untuk masing-masing account. 
Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat alamat untuk mengakses email Anda di outlook.com dengan menggunakan sub domain di domain milik Anda. Sehingga ketika ingin mengaksesnya Anda hanya mengaksesnya melalui alamat http://mail.namadomainku.com, tidak lagi mengakses outlook.com atau live.com. Bagaimana caranya? silahkan berikan komentar di bawah.
Dengan email baru ini, Anda tak perlu hilang tanpa kabar sampai tiga kali lebaran :D
Selamat mencoba