Sunday, January 31, 2016

Optimasi Pagespeed (Advanced) – Tips Mempercepat Loading Website Hingga dibawah 1 Detik!

http://www.rohadiright.com/optimasi-pagespeed.html


Tulisan ini sebenarnya kelanjutan dari artikel optimasi pagespeed yang sebelumnya sudah saya tulis disini. Diartikel sebelumnya saya sudah membahas tentang mempercepat loading web terutama menggunakan parameter dari GtMetrix. Nah, ditulisan kali ini.. meskipun masih menggunakan parameter GtMetrix (untuk kecepatan loading), tapi saya tambahkan juga beberapa parameter lain yang bisa membuat optimasi pagespeed web Anda menjadi lebih maksimal. Selain itu, bagian yang dioptimasi bukan hanya homepage saja tapi bisa diaplikasikan ke hampir seluruh bagian web seperti halaman category, single post sampai image attachment (kalau ada).
Dibagian pertama dulu, saya lebih banyak berorientasi kepada score (grade) yang diberikan oleh GtMetrix. Namun kali ini, saya akan lebih menitikberatkan kepada nilai loading time dan target saya adalah dibawah 1 detik. Kenapa harus dibawah 1 detik ? Ya biar lebih keren aja hehehe :D Ga juga sih sebenernya.. silahkan cek disini untuk lebih jelasnya. Atau untuk versi lokalnya bisa dibaca disini.
Meskipun rekomendasi Google tersebut untuk mobile site, tidak ada salahnya jika versi desktop juga dioptimasi agar secepat rekomendasi untuk versi mobile. Logikanya, jika versi desktop bisa diloading dengan cepat maka versi mobile-nya pun akan relatif lebih cepat juga. Karena kode-kode css, php, maupun konten-kontennya berasal dari sumber yang sama.

Yang akan Anda pelajari dalam artikel ini antara lain :

  • Cara Optimasi Pagespeed via GtMetrix.com (bagian 2)
  • Cara Optimasi Pagespeed via Pagespeed Insights
  • Cara Mengatasi HTML Error via W3.Org
  • Spesial Bonus: Trik Mendapatkan score 100% User Experience di Google Pagespeed Insights
Sebelumnya, untuk lebih meyakinkan Anda tentang pentingnya kecepatan loading web silahkan simak infographic berikut ini yang saya ambil dari blog Kissmetrics.com
loading time
Klik Untuk Memperbesar

Cara Optimasi Pagespeed via GtMetrix.com (bagian 2)

Untuk Anda yang belum membaca dan mempraktekkan bagian pertama, sekali lagi silahkan baca dulu disini.

baca lanjutannya di http://www.rohadiright.com/optimasi-pagespeed.html